April 10, 2018

Jangan larang Anak Main di Luar Rumah! Ini 8 Manfaatnya!

administrator No comments

Dummy

Anak generasi sekarang ini memiliki pola bermain yang berbeda dengan anak zaman 1980an ataupun 1990an. Mereka lebih senang bermain gadget dibanding bermain di luar rumah. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bermain di luar rumah.

Anda sebagai orangtua juga sebaiknya mengajak mereka bermain di luar rumah, bukan malah melarangnya dan menyuruh bermain gadget saja dengan alasan kebersihan, kesehatan, dan lainnya. Nah, ada beberapa manfaat yang bisa didapat anak Anda dengan bermain di luar rumah. Seperti berikut ini.

  1. Anak Jadi Lebih Aktif

Ketika anak-anak bermain di luar rumah, serta bermain di tanah, mereka bisa bebas berekspresi baik dengan lumpur maupun tanah tersebut. Semua itu membuat motorik mereka lebih aktif. Motorik yang aktif ini sangat berguna dalam perkembangan anak.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa ahli Mikrobiologi dan Immunologi menyebutkan bahwa dengan bermain di tanah mampu membuat sistem kekebalan tubuh anak lebih kuat. Apa yang anak lakukan dan masukkan ke dalam mulut akan membuat sistem imunnya bekerja memprosesnya. Setelah itu, sistem imun akan merespon dengan membuat daya tahan.

  1. Pasokan Vitamin D

Bermain di luar rumah terlebih di pagi hari menjelang siang sangat baik untuk perkembangan anak. Ini dikarenakan cahaya matahari mengandung banyak vitamin D yang sangat baik untuk perkembangan tulang serta kekebalan tubuhnya.

Meski begitu, sebaiknya bermainlah pada pukul 8 hingga 10 pagi serta sore dimulai jam 4 karena mataharinya tidak terlalu menyengat. Perhatikan juga durasinya. Jangan terlalu lama karena sinar matahari juga tak baik bagi kesehatan kulit.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Keterampilan kognitif anak juga dipengaruhi oleh waktu yang dihabiskan mereka ketika bermain. Bila anak Anda bermain dengan gadget terlalu lama, ini juga berpengaruh pada keterampilan kognitif yang kurang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Environment Education Research pada tahun 2004 menyebutkan bahwa interaksi dengan alam memberikan dampak positif bagi anak-anak yakni memperngaruhi kemampuan berpikir kritisnya ke arah yang lebih baik.

  1. Membangun Kedekatan dengan Alam

Ketika anak-anak bermain di luar rumah, mereka bisa belajar banyak tentang alam. Seperti tanaman yang tumbuh di air atau tanaman yang tumbuh menempel pada tanaman lainnya. Pengetahuan ini bisa membuat mereka mencintai alam sejak dini dan itu bisa membuat mereka mencintai alam seumur hidupnya.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebutkan bahwa jumlah penderita obesitas naik dua kali lipat antara tahun 1980 hingga 2010. Ini disebabkan kurangnya gerak. Untuk mencegah obesitas pada anak, Anda bisa mengajak mereka bermain di luar ruangan seperti dengan berlari, berenang atau yang lainnya.

  1. Melatih Sosialisasi

Dengan memperbolehkan anak-anak bermain di luar ruangan, berarti Anda mendorong mereka untuk bersosialisasi baik dengan teman mereka ataupun terhadap lingkungan. Mereka bisa membentuk kelompok, belajar berbagi maupun negoisasi. Mereka juga akan terdorong mempelajari hal baru, melatih kepercayaan diri serta mengajarkan kepemimpinan.

  1. Melatih Mental

Terakhir, Anda bisa melatih mental anak-anak dengan memperbolehkan mereka bermain di luar. Ini akan membuat mereka jauh dari stres, depresi, serta kecemasan yang mungkin timbul karena tekanan belajar di sekolah.

Kini, Anda tak perlu lagi khawatir membiarkan anak-anak bermain di luar rumah karena banyaknya manfaat yang bisa didapat. Selain itu, Anda tetap bisa menjaga kesegaran mereka dengan perawatan tubuh anak dari DOREMI Thomas & Friends. Persiapkan petualangan seru buah hati Anda dengan #GreatAdventureAwaits dari DOREMI untuk bekalnya jadi anak hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *